Pengertian CV - Persekutuan Komanditer

Selain perseroan terbatas atau PT, bentuk usaha lain dalam menjalankan bisnis adalah dikenal istilah CV atau commanditaire vennontschap atau persekutuan komanditer. Meskipun tidak sebanyak PT namun CV bisa jadi pilihan dalam menjalankan bisnis. Apakah sebenarnya CV itu?

Definisi CV

CV atau persekutuan komanditer adalah suatu perusahaan yang didirikan oleh satu atau beberapa orang secara tanggung menanggung, bertanggung jawab secara seluruhnya atau secara solider, dengan satu orang atau lebih sebagai pelepas uang (geldshieter), dan diatur dalam KUHD.

CV merupakan permitraan yang terdiri atas satu atau lebih mitra biasa dan satu atau lebih mitra diam (komanditer), yang secara pribadi bertanggung jawab untuk semua utang permitraan, serta bertanggung jawab hanya sebesar kontribusinya. Ciri utama CV adalah kehadiran mitra diam.

Sekutu komanditer dilarang melakukan pengurusan meskipun dengan surat kuasa, Ia hanya boleh mengawasi pengurusan jika memang ditentukan di dalam anggaran dasar persekutuan.

Didalam CV, hanya sekutu komplementer yang boleh mengadakan hubungan terhadap pihak ketiga. Maka pihak yang bertanggung jawab kepada pihak ke tiga hanya sekutu komplementer.

Popularitas CV

Perusahaan berbentuk CV umumnya banyak digunakan oleh kalangan usaha kecil dan menengah (UKM)