Jenis-Jenis CV - Persekutuan Komanditer

Perusahaan berbentuk CV - Persekutuan Komanditer terdiri dari beberapa jenis, untuk itu ketika kita memutuskan untuk membangun usaha berbentuk CV tentu sebaiknya mengetahuinya.

CV Diam-Diam

CV diam-diam adalah sebuah persekutuan komanditer yang belum menyatakan diri sebagai persekutuan komanditer. Pihak luar mengetahui perusahaan ini sebagai persekutuan dalam bentuk usaha firma, tetapi hubungan ke dalam antara sekutu dibedakan menjadi sekutu aktif dan sekutu pasif.

CV Terang-Terangan

CV terang-terangan adalah sebuah persekutuan komanditer yang telah menyatakan diri secara terang-terangan kepada pihak luar bahwa mereka merupakan persekutuan komanditer. Pihak luar mengetahui bahwa nama perusahaan adalah nama CV. Karena mereka telah terang-terangan menyatakan diri sebagai CV misalnya dalam papan nama CV, surat-menyurat dan lain-lain. Hubungan ke luar dan ke dalam menggunakan prosedur persekutuan komanditer, yang membedakan sekutunya menjadi sekutu aktif dan sekutu pasif.

CV Saham

Sedangkan CV saham adalah sebuah persekutuan komanditer terang-terangan dengan modal yang terdiri dari saham. Persekutuan komanditer tidak diatur dalam KUHD namun pelaksanaannya tidak dilarang oleh undang-undang.

Itulah jenis-jenis CV, semoga menambah wawasan bagi anda yang ingin membangun usaha berbentuk CV.