Inilah Jenis - Jenis Perseroan Terbatas (PT) di Indonesia

Sebagai negara yang tengah tumbuh dan berkembang, di Indonesia banyak perusahaan yang muncul dalam bentuk perseroan terbatas atau PT serta perseroan lama yang tetap bertahan. Jika kita golongkan, ada beberapa jenis perseroan terbatas yang di kenal di Indonesia, apa saja kah itu?

Perseroan Terbatas (PT) Tertutup

PT Tertutup adalah suatu perseroan terbatas yang saham - sahamnya hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu, tetapi setiap orang dapat ikut serta dalam modalnya. Biasanya para pemegang saham berasal dari keluarga sendiri atau sahabat. Surat sahamnya dituliskan dengan "atas nama".

Perseroan Terbatas (PT) Terbuka

PT Terbuka adalah perseroan terbatas yang saham - sahamnya boleh dimiliki oleh setiap orang. Sehingga setiap orang bisa ikut ambil bagian dalam permodalan perusahaan. Saham - saham PT terbuka biasanya ditulis dengan "atas tunjuk" sehingga mudah dipindah tangankan dengan menjualnya ke pihak lain.

Perseroan Terbatas (PT) Kosong

PT Kosong adalah perseroan terbatas yang sudah tidak menjalankan usahanya lagi, hanya tinggal namanya saja. Dikarenakan PT ini masih terdaftar, maka PT ini dapat dijual untuk diusahakan lagi. Umumnya PT Kosong menanggung utang yang sulit dibayar tanpa menjual seluruh saham-sahamnya.

Perseroan Terbatas (PT) Asing

PT Asing adalah perseroan terbatas yang didirikan di luar negeri menurut hukum yang berlaku di tempat itu serta memiliki tempat kedudukan di luar negeri.

Perseroan Terbatas (PT) Domestik

PT Domestik adalah perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usahanya dan berada di dalam negeri, serta mengikuti peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Perseroan Terbatas (PT) Perseorangan

PT Perseorangan adalah perseroan terbatas dengan keadaan dimana hanya terdapat satu orang pemegang saham yang juga menjadi direktur perusahaan tersebut.