Pengertian Perseroan Terbatas (PT) Menurut Undang-Undang

Sebagai pengusaha atau entrepreneur tentu ingin usahanya berkembang. Ada yang mendirikan CV ada juga yang mendirikan perusahaan seperti PT atau perseroan terbatas. Untuk memahami apa itu perseroan terbatas, kita bisa mengacu pada undang-undang nomor 47 tahun 2012.

Definisi Perseroan Terbatas

Menurut undang-undang, perseroan terbatas yang selanjutnya disebut perseroan adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas serta peraturan pelaksanaannya.

Dengan penjelasan lebih rinci bahwa, perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada didalamnya. Tiap-tiap persero memiliki satu sero atau lebih yang mempunyai tanggung jawab terbatas hanya pada modal yang diikutsertakan dalam perusahaan.

Dalam bahasa inggris dikenal tiga istilah yaitu
  1. Limited (Ltd) Company
  2. Limited Liability Company
  3. Limited (Ltd) Corporation
Itulah pengertian istilah perseroan terbatas. Baca juga tentang jenis - jenis perseroan terbatas di Indonesia.