Macam-macam Cara Transfer Uang Dalam Belanja Online (Online Shopping)

Berbelanja secara online, baik itu membeli barang dari luar negri atau lokal seperti pakaian, gadget, atau herbal maka anda akan dihadapkan kepada beberapa pilihan cara pembayaran tergantung dari pemilik toko online menyediakan layanan pembayarannya.

Nah, bagi anda yang baru pertama kali atau belum mencoba berbelanja online dan berencana berbelanja online maka ada beberapa cara pembayaran yang umum dan biasa digunakan :



  1. Melalui transfer bank, bisa menggunakan transfer via ATM, internet banking, SMS banking. Dalam hal ini harap diperhatikan bahwa rekening bank tujuan sangat direkomendasikan sama dengan bank yang anda gunakan. Misalnya tujuan rekeningnya adalah bank BRI maka sebaiknya anda gunakan rekening BRI anda untuk mentransfer pembayaran.
  2. Western Union, cara ini tidak memerlukan rekening bank. Cukup datangi kantor penyedia layanan western union baik itu kantor pos, supermarket atau bank yang membuka layanan western union.
  3. Pembayaran menggunakan Paypal, cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan selain transfer bank. Cara ini salah satunya seringkali digunakan untuk pembayaran dalam pembelian produk digital. Anda harus memiliki akun paypal agar bisa melakukan pembayaran denga cara ini.
  4. Pembayaran menggunakan Skrill, cara ini tidak jauh berbeda dengan Paypal . Misalnya saja saat anda membayar biaya web hosting di luar negri. Anda harus memiliki akun skrill agar bisa melakukan pembayaran menggunakan cara ini.
  5. Pembayaran menggunakan Master Card, Visa, cara ini digunakan bagi mereka yang memiliki kartu debit atau kartu kredit berlogo Master Card, Visa dan sejenisnya sesuai ketentuan layanan masing-masing. Bagi yang memiliki kartu debit card seperti Payoneer maka kartu ini dapat digunakan untuk berbelanja online asalkan saldonya mencukupi.
  6. Melalui wesel pos instan, cara ini hampir sama dengan western union dimana tidak diperlukan rekening bank.
  7. Melalui transfer pulsa. Beberapa layanan online ada yang menggunakan cara ini sebagai pengganti cara mentransfer uang. Misalnya seseorang membeli produk seharga 100 ribu, maka si pembeli cukup mengirim pulsa ke nomor yang ditentukan sebesar 100 ribu.

Harap diperhatikan bahawa dalam berbelanja online, pastikan toko online itu terpercaya sebelum anda memutuskan berbelanja.