Berapa Biaya Wire Transfer (SWIFT) Dari Luar Negri Ke Bank BCA Sekarang?

Bagi anda yang memiliki sumber mata pencarian yang dibayar dari bank di luar negri, misalnya anda adalah freelancer entah itu programmer, designer grafis dan sebagainya, pembayaran anda mungkin dikirim melaui paypal, skrill dan sejenisnya. Tentu tindakan selanjutnya anda ingin mencairkan uang bukan? Nah, pencairan uang ini yang disebut withdraw bisa dilakukan ke bank lokal alias menggunakan wire transfer. Untuk urusan biaya, beberapa bank menerapkan kebijakan berbeda terhadap biaya transfer ini.

Kita perhatikan salah satu proses mencairkan uang melalui wire transfer sebesar 100 USD ke bank lokal, misalnya withdraw dari skrill, uang ini 100% dikirim sedangkan biaya kirim ini memotong saldo akun, misalnya di skrill sekitar 4 USD. Ketika uang sampai dibank lokal maka disinilah terjadi pemotongan sehingga uang yang sampai ke rekening bukan 100 USD, biaya ini disebut biaya akomodasi plus standar biaya transfer.

Mari kita coba perhatikan lagi, pada saat - saat sebelum dolar naik dimana sekarang harga dolar sekitar 12.000 yang mana selisih harga jual dan beli hanya beberapa puluh rupiah saja. lebih tepatnya pada saat ini harga jual : 11.935, harga beli : 11.895 (selisihnya hanya Rp. 40), maka setelah diperhatikan dan dihitung dengan cermat terasa sekali biaya yang dipotong cukup besar sekitar 30 USD lebih.

Hasil Klarifikasi Dengan Staff Customer BCA 


Hasil klarifikasi kepada customer service BCA, ternyata pemotongan untuk transfer dollar dari luar negri  dikenakan biaya 5 USD + 30 USD biaya akomodasi, padahal sebelumnya hanya dikenakan sekitar 5 USD. Mahal kan?

Silakan periksa lagi dan bandingkan dengan transfer dimana harga dollar masih 10.000 dan selisih harga jual sekitar Rp. 500, anda mungkin hanya dipotong sekitar 50.000 atau 5 USD.