Hemat Anggaran Biaya IT Di Dunia Bisnis Dengan Linux Ubuntu

Berbisnis secara professional erat kaitannya dengan memiliki infrastruktur yang baik termasuk penggunaan teknologi komputer. Bukan hanya bisnis besar tetapi bisnis menengah dan kecil pun akan lebih terbantu dengan memanfaatkan teknologi komputer terlebih lagi berhubungan dengan jaringan internet.



Ubuntu Linux

Bicara penggunaan komputer dalam dunia bisnis kecil menengah misalnya warnet dengan jumlah PC 20 unit maka penggunaan sistem operasi dan aplikasinya akan cukup memerlukan modal yang besar untuk membeli lisensi. Kita perhatikan juga penggunaan komputer di perkantoran yang rata-rata menggunakan puluhan bahkan ratusan unit komputer maka pengeluaran untuk membeli lisensi sistem operasi dan lisensi aplikasi akan menambah pengeluaran yang cukup besar. Adakah solusi alternatif untuk menghemat biaya?

Aspek Kebutuhan Perusahaan

Untuk hal ini kita perlu mencermati kebutuhan perusahaan atau bisnis kita, ketika ada alternatif sistem operasi dan aplikasi yang tidak berbayar dan dapat diandalkan tentu patut dipertimbangkan. Ketika apa yang dibutuhkan perusahaan terhadap infrastruktur IT bisa terjawab dengan software tidak berbayar maka saat itu perusahaan pantas untuk segera beralih daripada menggunakan aplikasi berbayar yang mahal bahkan mengakali dengan melakukan pembajakan.

Alternatif Penghematan

Nah, salah satu alternatif yang bisa dipilih adalah menggunakan software dan sistem operasi free dan open source seperti Linux dan aplikasi didalamnya. Salah satunya adalah Ubuntu. Ubuntu adalah sistem operasi free dan opensource berbasis linux yang berada dalam keluarga debian yang terkenal handal telah digunakan dalam aplikasi server internet kelas dunia.

Adanya pilihan yang ditawarkan oleh distribusi ubuntu semakin mempermudah menemukan alternatif pilihan untuk bermigrasi dalam rangka menghemat biaya. Ubuntu tersedia dalam versi server, desktop dengan berbagai varian environment dari varian yang diperuntukan untuk komputer tua hingga komputer modern.

Apa yang dapat dilakukan dengan menggunakan linux atau ubuntu?
  1. Menangani kebutuhan server dan aplikasinya (web server, database server, mail server, DNS server), could server dan sebagainya
  2. Menangani kebutuhan pekerjaan office workstation misalnya, surat-menyurat, spreadsheet, internet dan lain-lain
  3. Desain grafis
  4. Studio musik dan rekaman
  5. Animasi
  6. Menyediakan ketersediaan lingkungan pemrograman. Linux ubuntu menawarkan kemudahan dan ketersediaan lingkungan pemrograman baik untuk web dan desktop, diantaranya Qt, GTK, PERL, Python, PHP, Java dan lain-lain.
  7. Kebutuhan-kebutuhan lain yang umumnya terdapat dalam sistem berbayar.

Sealin itu, keuntungan lain dari penggunaan linux adalah masalah keamanan dimana linux terkenal kuat dari serangan virus dan stabil dalam dunia server.

Bila kita mencoba berkunjung ke salah satu minimarket di sekitar Bandung misalnya, maka kita akan melihat komputer yang digunakan menggunakan sitem operasi ubuntu yang terlihat khas dengan launcher disebelah kiri. Semoga menginspirasi !