Cara Registrasi, Mengaktifkan BRI Internet Banking dan Aktivasi mToken

Sudah menjadi fakta bahwa keberadaan internet secara positif dapat membantu aktifitas kita sehari-hari menjadi mudah. Contohnya adalah melakukan transfer uang, pembelian pulsa, pengecekan saldo, bayar tagihan atau cicilan, membayar tagihan listrik dan lain-lain, yang dapat dilakakukan dimana saja selama bisa mengakses internet, tentunya selama rekening bank kita memiliki saldo yang cukup :)
Nah, salah satu layanan yang bisa kita manfaatkan adalah Internet Banking BRI. Bagaimana caranya ?



Tahapan Agar Bisa Menggunakan Internet Banking BRI

  1. Memiliki rekening BRI
  2. Membuat kartu ATM
  3. Mengaktifkan Internet Banking
  4. Mengaktifkan mToken (kode pengamanan untuk transaksi)
Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan :
  1. Untuk membuka rekening di bank BRI, bawalah persyaratan standar seperti kartu identitas (KTP) dan fotokopinya
  2. Bawalah sejumlah uang minimal untuk membuka rekening, 100-200 ribu sudah cukup.
  3. Bawalah handphone yang aktif, karena akan digunakan saat permohonan untuk aktivasi mToken
  4. Temui Customer Service bahwa anda mau membuka rekening, Internet Banking dan mToken. Anda akan diminta mengisi formulir. Ikuti petunjuk selanjutnya yang diminta Customer Service, anda akan diminta memasukan password serta PIN, anda juga akan dimintai nomor handphone yang akan digunakan dalam transaksi internet banking.
  5. Anda akan menerima kode aktivasi mToken via SMS isinya serverID dan kode aktivasi.
  6. Anda juga akan diberikan aplikasi mobile untuk handphone anda yang dikirimkan biasanya melalui bluetooth. Aplikasi tersebut dapat anda gunakan untuk transaksi online langsung dari HP anda.
  7. Sampai disini urusan registrasi internet banking anda sudah selesai, tinggal aktivasi mToken
Cara lain untuk mengaktifkan internet banking, dapat dilakukan melalui mesin ATM BRI
  • Setelah kartu ATM anda miliki
  • Pergilah ke mesin ATM dan masukan kartu ATM
  • Seperti biasa masukan PIN ATM anda. 
  • Masuklah ke menu internet banking. 
  • Ikuti petunjuknya. 
  • Anda akan diberikan username dan diminta memasukan password untuk internet banking anda. Ingat-ingat password tersebut. Cetak dan jaga kerahasiaannya.
Sekarang waktunya aktivasi mToken melalui internet, harap perhatikan kode aktivasi mToken yang diterima melalui SMS, masa berlakunya terbatas seperti yang di jelaskan dalam SMS. Maka segera lakukan aktivasi seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Mengaktifkan mToken Internet Banking

  1. Bukalah internet (disarankan jangan  di warnet atau tempat umum) buka saja di laptop anda masuklah ke halaman https://ib.bri.co.id/ib-bri/Login.html. Silahkan baca : Tips aman internet banking. Baca juga Tips login yang aman di warnet
  2. Masukan username dan password yang anda peroleh saat registrasi dan masukan kode acak captchanya (kode unik) yang ada di layar komputer. Lalu enter.
  3. Jika anda login untuk pertamakalinya maka anda akan diminta mengganti password. Silahkan masukan passwod yang sekarang lalu masukan password baru. 
  4. Setelah berhasil mengganti password, bukalah menu mToken dan klik menu aktivasi mToken. Pada halaman ini anda diminta memasukan kode yang diberikan melalui SMS tadi. Pastikan kode serverID yang diterima via SMS  sama dengan yang ada di komputer. Masukan kode aktivasinya dan tekan enter.
Jika semua dilakukan dengan benar, aktivasi selesai dan anda bisa menggunakan Internet banking untuk berbagai keperluan transaksi.

Setiap transaksi seperti transfer uang, pembelian, bayar tagihan dan sejenisnya anda harus memasukan kode mToken dengan cara memintanya. Caranya ada di menu mToken. Bank BRI akan mengirim 5 mToken, satu mToken hanya bisa dipakai untuk sekali transaksi dan masa berlakunya ditentukan seperti yang tertera pada SMS. 
Semoga bermanfaat