Fakta Sebab - Sebab Paypal Limited Access

Paypal merupakan layanan kirim dan terima uang online di internet yang menjadi favorite banyak orang.  Para pebisnis online, retailer online hampir semuanya menerima pembayaran menggunakan paypal.

Sayangnya paypal memiliki aturan yang mungkin bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit terasa menyulitkan dalam proses verifikasi. Meskipun hal ini bisa juga diatasi dengan kartu lain seperti prepaid master card. Masalah verifikasi ini juga akan berbuntut panjang jika suatu hal terjadi.

Gambar Logo Paypal

Akun yang tidak terverifikasi memiliki keterbatasan diantaranya adalah maksimum kirim dan tarik uang yang dibatasi. Jika yang ini yang terjadi mungkin tidak terlalu menjadi permasalahan. Permasalahannya jika akun belum terverifikasi lantas terkena limited access maka kita tidak bisa melakukan apa-apa selain 'merem melek melihat saldo kita'.

Apa itu limited access?

Limited access adalah keadaan akun paypal dimana fasilitas tertentu diberhentikan sementara karena suatu kecurigaan hal buruk telah  terjadi. Keterbatasan ini diantaranya :

  • Tidak bisa mengubah / mengedit akun bank
  • Tidak bisa menarik uang
  • Tidak bisa mengirim uang
  • Hanya bisa terima uang saja
  • Tidak bisa menghapus / menutup akun paypal

Seperti yang pernah di sebutkan diatas, permasalahan verifikasi berlanjut jika limited access terjadi, artinya mau tidak mau verifikasi harus dilakukan untuk memulihkan keadaan. Pemulihan akun ini biasanya ada 3 hal yang harus dilakukan :

  1. Mengganti Password
  2. Mengubah atau mengupdate security question
  3. Verifikasi kartu kredit/debit yang valid. Paypal akan memotong uang dalam proses verifikasi dan akan mengembalikannya ke akun paypal jika telah terverifikasi.

Terlepas dari limited access dan problematikanya. Ada hal yang perlu diperhatikan agar limited access bisa dihindari. 

Penyebab Paypal Limited Access

Saya sendiri pernah mengalami limited access yang penyebabnya diidentifikasi karena :
Sering login logout dari akun paypal yang satu ke akun yang lain dalam komputer yang sama kebetulan ada beberapa akun paypal yang saya gunakan. 

Bahkan pernah suatu saat login ke akun yang lain dalam satu detik karena buru-buru dan inilah yang dicurigai sebagai login tidak wajar oleh paypal sehingga memberlakukan limited access. Tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal yang lebih buruk misalnya pencurian akun atau akses oleh orang tak dikenal bahkan robot yang tentu tidak sah.

Itulah mungkin sedikit sharing dari blogDUIT mudah-mudahan jadi informasi yang bermanfaat dan agar menjadi warning dan lebih berhati-hati.