Strategi Jitu Pemasaran Produk Bank Bisa Meningkatkan Jumlah Nasabah

Maukah meningkatkan jumlah nasabah dalam sekejap? banyak? berlipat-lipat? Ketahui caranya...semua ada ilmunya.


Produk bank adalah produk jasa atau layanan. Sebuah produk adalah 'sesuatu' yang diporduksi oleh  sebuah industri yang akan didistribusikan ke pasar.

Menurut blogDUIT, pasar hanya akan menerima produk yang dianggap diperlukan, benar-benar diperlukan, atau terpaksa karena tidak ada pilihan lain.

Bila dikaji secara sederhana saja, memasarkan sebuah produk apapun akan memiliki pola yang sama. Hanya berbeda strateginya saja. Sebuah aliran produk dari hulu ke hilir akan selalu melibatkan keterkaitan :
  1. Produk
  2. Jalur pemasaran
  3. Pasar

Mengapa sebuah produk malah mandeg, macet, tidak laku?

Beberapa alasan yang sangat mungkin adalah :
  1. Produk tidak dikenal
  2. Pasar tidak butuh produk
  3. Tak mampu bersaing
  4. Produk tidak tersedia / jangkauan pasar terbatas
  5. Perangkat pemasaran yang buruk (SDM dan berbagai perangkat lainnya)
  6. Sistem yang buruk dan berbelit-belit
Jelas kan? dari ke-enam hal diatas itulah poin yang harus segera dioptimasi, dijadikan efektif dan tepat sasaran dan lahirkan strategi jitu pemasaran terbaik. Jalur pemasaran yang buruk terkadang bahkan cenderung menyebabkan membengkaknya biaya yang menyebabkan harga naik, perusahaan merugi, dan produk tidak kompetitif.

Bagaimana sih strategi jitu yang bisa meningkatkan jumlah nasabah yang banyak dan berkualitas?

Sudah bukan jamannya lagi melakukan black campaign, cara-cara kotor dkk, karena pasar sekarang sudah cerdas. Maka yang harus dilakukan adalah melahirkan produk yang benar-benar bermanfaat, visi yang bermartabat, sistem yang bagus, mendidik pasar, kerjasama dengan pesaing yang kesemuanya dilakukan oleh SDM yang dilandasi : kejujuran, keterbukaan, amanah, bertanggung jawab, dapat dipercaya, memiliki visi yang searah, disertai kreatifitas serta skill yang memadai. ...Dengan kata lain semuanya hanya akan terbentuk jika semua aspek dibentuk dan dilakukan secara professional sehingga terwujud GCG (Good Corporate Governance). 'Jika semuanya terwujud, maka bukan hal aneh jika nasabah akan berbondong-bondong tanpa perlu diundang'
Sebuah strategi pemasaran yang jitu bisa dibangun dan diawali dari memahami : 'Pasar adalah manusia, bukan benda mati yang tidak punya akal, tak punya nurani, dan tak punya perasaan'
Semoga mengisnpirasi