Membuat Menu Bar Navigasi Blog Berbasis Javascript, Sebaiknya Jangan !

Menu di blog bisa jadi merupakan sesuatu hal yang sangat penting sebagai alat navigasi di blog. Menu bar yang berupa slide drop down menu atau popup menu adalah menu yang paling sering di gunakan dan di buat di blog. Ada beberapa cara membuat menu di blog untuk memudahkan navigasi diantaranya menggunakan CSS atau javascript.



Mengapa blogDUIT menyarankan jangan menggunakan javascript popup menu untuk membuat menu bar navigasi di blog? Apakah benar-benar tidak boleh memasang menu bar berbasis javascript di blog?


Sebenarnya bukan menyarankan untuk tidak menggunakan popup menu berbasis javascript, blogDUIT hanya ingin berbagi pengalaman saja dari beberapa analisa yang dilakukan dan dari pengalaman, agar performa blog kita bisa tetap unjuk gigi.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa ketika browser me-load sebuah halaman website atau blog, maka proses akan dimulai dari request file ke server dan merender satu demi satu tag HTML beserta konten lain termasuk javascript. Sayangnya merender javascript seringkali menjadi penghalang sampai javascript tersebut benar-benar sukses diload dan dirender.

Itulah sebabnya semakin banyak javascript didalam sebuah blog, identik dengan 'lemot'. Pada browser tertentu, beratnya javascript bisa mengakibatkan hang dan error. Maka penggunaan javascript untuk mendesain blog harus benar-benar cerdik. Mungkin alternatifnya bisa dilakukan implementasi javascript yang asynchronous

Nah, cukup jelas kan?
Jadi membuat menu menggunakan javascript untuk navigasi blog kemungkinan besar akan memperlambat proses loading halaman apalagi menu navigasi utama biasanya di simpan pada awal halaman atau di atas. Jika belum percaya silahkan uji situs-situs terkenal sekalipun yang menggunakan menu bar berbasis javascript yang berat, akan sangat lama di loading nya apalagi bila kecepatan akses internet tidak begitu cepat alias lambat.

Solusinya, jika memang tetap menginginkan memasang menu navigasi berbasis javascript, gunakan yang lightweight menu, ringan dan sebaiknya menurut pengalaman, jangan simpan javascript di server berbeda, lebih baik masukan saja langsung dalam template.

Punya pendapat berbeda?