Komentar Dianggap SPAM Oleh Akismet [Wordpress Plugin], Solusinya?

Apakah anda mengalami nasib malang kalau komentar anda di cap sebagai komentar SPAM oleh akismet? Komentar anda tidak muncul di wordpress? Marked as SPAM comments? Bete ada orang lain yang iseng dan sengaja menjadikan komentar anda agar di cap sebagai SPAM sehingga tidak bisa berkomentar di blog orang lain terutama blog wordpress?

Kita tentu harus mencari solusi agar komentar kita tidak di anggap lagi sebagai 'spam comment' apalagi kita benar-benar tidak melakukan kegiatan spamming melalui komentar.

Kendatipun banyak komentar SPAM yang masuk ke blogDUIT, saya tidak akan me-mark as spam. Biarkan hanya sistem yang digunakan google saja yang bertindak. Saya tidak suka kegiatan yang tidak etis dan mendzalimi orang apalagi tidak bersalah. Biasanya komentar-komentar tersebut banyak yang datang dari komentar asing.

Nah, menghadapi jika kita ternyata di cap sebagai komentar spam, maka kita harus cari jalan keluarnya agar kita bisa kembali berkomunikasi dalam platform blogging dengan sahabat-sahabat kita di wordpress melalui komentar. Bagaimana caranya?

Sebelumnya kita harus tahu dulu tentang ciri-ciri komentar spam meskipun ciri-ciri ini tidak mutlak :



  1. Komentar pendek dan tidak berhubungan dengan topic
  2. Memasukan banyak link di dalamnya dengan tujuan mencari backlink
  3. Menggunakan e-mail palsu
  4. Memasukan kata kunci berlebihan sebagai nama komentator

Nah, setelah tahu ciri-ciri diatas maka sebaiknya kita hindari kegiatan seperti itu karena akan merugikan kita sendiri. Itulah sebabnya disarankan para komentator jangan berlebihan memasang link pada komentar, itupun untuk kebaikan anda juga, karena mesin tidak tahu apa-apa, tahunya hanya bertindak berdasarkan algoritama yang di terapkan.


Umumnya wordpress menggunakan plugin akismet spam blocker untuk meminimalisir komentar spam yang masuk. Sehingga sekali sebuah komentar teridentifikasi sebagai spam, maka dapat dipastikan ID yang di mark sebagai spam tidak bisa lagi berkomentar. Sayangnya terkadang engine comment filter seperti akismet pun bisa salah orang. Lha namanya juga robot tidak punya hati. Karena meskipin pemilik blog tidak melakukan spamming, bisa saja orang lain yang melakukannya.

Solusinya kita bisa coba melaporkan kesalahan blokir di halaman ini : http://akismet.com/contact/
Meskipun melaporkannya bukan sebuah jaminan akan keluar dari permasalahan salah blokir. Yang penting ikhtiar kan? disertai berdoa tentunya...:)

Semoga bermanfaat...