Cara Lengkap Mengatasi Blog Sangat Lambat & Loading Berat

Blog yang berat tidak disuakai visitor yang menginginkan akses informasi serba instan serba cepat tanpa harus menunggu lama - lama. Pemilik blog pun tentu ingin memiliki blog yang indah tetapi loading cepat, namun masalahnya terkadang keindahan sering mengorbankan performa.

Kita lihat yahoo, situs portal semacam yahoo memang berat namun karena kontennya sudah kaya dan sudah menjadi rujukan orang, lagi pula banyak layanan yang disediakan disana termasuk layanan e-mail yang hampir semua orang punya akun e-mail di yahoo tentu beratnya situs tidak terlalu mempengaruhi visitor loyal.

Namun tetaplah, loading yang terlalu memberatkan sangat mengganggu kenyamanan visitor. Apalagi jika blog kita baru berdiri dan di-online-kan dengan visitor senen kemis rangking pas-pasan, tentu kurang bijaksana menurut kaidah optimasi blog.

Menurut blogDUIT materi mengenai optimasi kecepatan loading page sangat vital dan penting dalam optimasi. Karena itu kita coba runut permasalahannya agar ditemukan solusi terbaik yang bisa diterapkan untuk blog kita terutama blog berbasis blogspot.


Nah kalau begitu bagaimana cara efektif mengatasi blog yang lambat loading?


Pertama kita harus tahu dulu penyebab blog itu menjadi lambat dan berat, dari sini kita akan tahu solusi apa yang layak kita ambil untuk kepentingan optimasi.

Berikut ini sebab-sebab blog berat di load :

Sisi Server :
Performa server atau layanan hosting buruk sangat berpengaruh secara langsung terhadap performa blog.

Sisi konten & desain blog :
  1. Banyak gambar atau image yang ditampilkan apalagi urlnya atau filenya di hoting di server berbeda sehingga menyebabkan browser banyak melakukan request ke banyak alamat berbeda hanya untuk menampilkan satu halaman
  2. Penggunaan javascript yang berlebihan. Biasanya javascript digunakan untuk menampilkan ads, konten yang dinamis dan interaktif seperti menu navigasi, recent post, recent comment, popular post, tab, pencarian, dan berbagai antar muka lain yang seperti tooltip, slide, feature dan seterusnya.
  3. Ukuran konten yang besar. Hal ini sangat masuk akal karena semakin besar file yang akan di download maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh file pada kecepatan yang sama. Bagaimana jika file yang harus di unduh itu jumlahnya banyak?. Ukuran konten tersebut bisa berupa : CSS, Javascript, File image dan sejenisnya
  4. Menampilkan banyak widget. Penggunaan widget yang banyak juga berpengaruh terhadap kecepatan loading halaman. Di wordpress pun penggunaan widget dan plugin yang berlebihan sangat terasa memperlambat eksekusi.

Sisi Browser :
Browser tidak mendukung akses konten blog, ditemukan bug dan error serta kompatibilitasnya tidak sesuai.

Solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi blog yang lambat dan berat saat loading adalah :
  1. Kurangi gambar apalagi dengan ukuran besar, sebaiknya di kompress di kecilkan sampai ukuran yang optimal. Tetap terlihat berkualitas tapi tidak memberatkan. Jangan sampai hanya ingin membuat background tombol menggunakan image dengan resolusi 1000 x 400 pixel kan terlalu berlebihan
  2. Kurangi menampilkan video dari youtube dan layanan video lainnya, gunakan seperlunya saja
  3. Minimalisir penggunaan javascript, jika memungkinkan simpanlah di server yang sama. Perkecil ukurannya, buanglah yang tidak perlu termasuk baris kosong. Kurangi juga pemasangan iklan yang membabi buta apalagi script codenya besar.
  4. Minimalisir penggunaan animasi flash karena memberatkan dan juga tidak semua browser mendukungnya.
  5. Gunakan CSS yang kompak dan sebaiknya pisahkan berdasarkan konten halaman. Misalnya ketika halaman tidak menampilkan kotak komentar, ada baiknya CSS untuk pengaturan komentar tidak dimasukan, begitupun halaman lain.
  6. Kurangi widget. Semakin banyak widget, semakin banyak kode yang dimuat dalam halaman web dan mengakibatkan ukuran membengkak.
  7. Kecilkan ukuran template dengan cara membuang baris kosong dan tidak perlu, jika memungkinkan buanglah karakter 'enter' sehingga source code halaman hanya akan berisi satu baris. Jangan khawatir browser tidak bisa merender dengan baik, karena browser merender dan memformat konten berdasarkan tag HTML didalamnya.
  8. Pilih server dengan performa bagus termasuk bandwidth dan space yang digunakan. Ada baiknya jika target visitornya khusus sebuah negara tertentu, pilihlah server yang berada di daerah atau sekitar area tersebut.
  9. Dan perlu di ketahui optimasi blog itu identik dengan kebijaksanaan dalam memilih dan menggunakan template blog yang fair antara keindahan dan performa. Jangan sampai mengorbankan performa hanya demi mengejar keindahan. blogduit.blogspot.com menemukan banyak blog dengan tampilan sangat menawan sayangnya menjadi bumerang karena jadi menghambat.
Semoga membantu...