Cara Aman Login di Warnet & Hindari Pencurian Password Menggunakan File Zip, Rar, Excel

Membuka akun di warnet atau tempat umum rentan akan kejahatan pencurian password saat login. Tujuan utama pencurian password tersebut tentu saja membongkar akun dan mengambil informasi penting pemilik akun. Apa jadinya jika akun Facebook, Twitter, Paypal, E-mail, Internet Banking dan akun penting lainnya di curi orang lain dengan cara menyadap username dan password di warnet?


Maka sudah selayaknya pengguna warnet harus waspada, dan sebaiknya pemilik warnet pun harus mewanti-wanti akan kemungkinan ini.



Adapun kemungkinan pelaku pencurian password di warnet bisa saja oleh :
  1. Oknum pemilik warnet atau oknum operator warnet
  2. Orang tak dikenal atau pelanggan penyewa warnet yang sengaja ingin mencuri password
Teknik atau cara pencurian password yang paling umum dipakai adalah menggunakan software atau aplikasi yang dijalankan secara sembunyi (hidden) dengan cara meng-capture (merekam) karakter yang di masukan melalui keyboard sehingga mereka bisa mendapatkan data yang bisa mereka baca dalam sebuah file rahasia setiap kali keyboard ditekan.

Lalu harus bagaimana cara mengatasi agar terhindar dari pencurian password di warnet?
blogDUIT ingin berbagi seputar teknik, tips atau trik sederhana namun tergolong sangat ampuh mengatasi tindakan pencurian password yang dilakukan melalui perekaman keyboard. Berikut ini trik lengkap yang bisa dipilih :

Cara 1 :

  1. Buatlah sebuah file text berisi username dan password
  2. Kompres file tersebut menggunakan format zip, rar atau sejenisnya dan proteksi/lindungi dengan password yang tidak sama dengan password-password dalam file tadi. 
  3. Simpan dalam flashdisk dan bawalah file tersebut setiap kali ke warnet.

Cara 2 :

  1. Buatlah sebuah file microsoft excel berisi kumpulan username dan password
  2. Proteksi file tersebut dengan password sehingga hanya anda yang bisa membukanya
  3. Simpan dalam flashdisk yang aman dan bawa setiap kali ke warnet

Cara login di warnet :

  1. Masukan flashdisk tadi dan buka file zip, rar berisi kumpulan user name dan password anda, sebaiknya jangan membuka flashdisik diwarnet yang hanya menyediakan akses flashdisk di operator saja, apalagi operatornya belum dikenal. Cari saja warnet yang memberikan akses flashdisk bisa dibuka di komputer client.
  2. Selanjutnya buka file zip / rar tadi tapi tidak perlu di ekstrak, cukup agar hanya bisa ditampilkan saja isinya. Hal ini untuk menghindari anda lupa menghapus file ekstraknya yang berisi kumpulan username dan password.
  3. Jika anda menggunakan file excel, bukalah file excel yang telah diproteksi dengan password yang berisi kumpulan password dan username anda.
  4. Buka halaman login
  5. Copy username dari file tadi lalu paste pada kotak username menggunakan klik kanan mouse
  6. Copy password dari file tadi lalu paste pada kotak password menggunakan klik kanan mouse
  7. Lanjutkan login, selesai dan aman
  8. Tutup semua file zip tadi
Dengan cara diatas, software keylogger tidak akan bisa merekam username dan password saat login karena anda tidak pernah mengetikannya melalui keyboard. 

Saran :

  1. Sebaiknya restart komputer sebelum menyewa warnet, jangan pakai bekas orang lain
  2. Simpan baik-baik file kumpulan password anda jangan sampai dibuka ditempat yang bisa dilihat orang. File text yang di-zip dan di-rar lebih disarankan karena file excel rentan di serang virus. Dan jika ingin lebih aman maka file excel tadi bisa juga di zip sehingga proteksinya berlapis dan lebih aman.
  3. Sebaiknya file diproteksi dengan password yang panjang dan sulit di tebak dan di bobol
  4. Setelah selesai : Delete/hapus semua temporary file untuk menghilangkan sisa file yang diekstrak sementara oleh aplikasi zip atau rar. Lalu matikan komputer.

Mantap kan? Masuk Akal kan?
Semoga cara ampuh atasi pencurian password di warnet ini bermanfaat. Jangan lupa baca juga cara login facebook, twitter dan internet banking yang aman menggunakan virtual keyboard