Cara Aman Login Facebook, Twitter, Bank, dll, di Warnet Menggunakan Virtual Keyboard (Windows dan Linux)

Setelah sebelumnya di posting tentang cara menghindari pencurian password di warnet oleh keylogger menggunakan teknik copy paste dari sebuah file terproteksi, blogDUIT memiliki alternatif lain cara aman login di warnet dan di tempat umum agar tidak terhindar dari aksi pencurian password melalui perekaman keyboard.


Cara ini pun termasuk sangat simple namun sangat ampuh dalam menghindari pencurian password saat login yang biasa dilakukan keylogger. Tentu ini sangat berguna bagi kita saat membuka akun penting seperti facebook, internet banking, e-mail yahoo, akun google, membuka akun paypal, amazon, clickbank, payza, liberty reserve atau akun-akun penting lainnya.

Bagaimana caranya?

Pertama pastikan di komputer anda memiliki virtual keyboard, sebuah aplikasi dengan antarmuka seperti keyboard ada tombol-tombolnya dimana pengoperasiannya bisa menggunakan mouse dengan cara mengkliknya, tapi ingat virtual keyboard ini bukan virtual MIDI keyboard untuk musik (jangan tertukar ya).

Maka logikanya dengan cara ini tentu kita tidak berhubungan dengan menekan keyboard sehingga terhindar dari perekaman keyboard oleh keylogger. Cukup letakan pointer pada kotak isian username, password atau area menuliskan sesuatu lalu aktifkan virtual keyboard dan gunakan mouse untuk menekan tombol-tombolnya.

Virtual keyboard bisa anda temukan di Windows dengan nama aplikasi : On Screen Keyboard
Terdapat pada menu : Start Menu\Programs\Accessories\Accessibility\On Screen Keyboard.lnk
Jika tidak ada maka coba jalankan melalui kotak run atau DOS / konsol, lalu ketikan osk.exe dan enter. File osk.exe tersebut ditemukan pada direktori windows\system32\osk.exe untuk Windows XP

Virtual keyboard pada sistem operasi Linux bisa ditemukan pada aplikasi : onboard
Langsung jalankan melalui terminal dengan cara mengetikan onboard lalu enter
Jika tidak ada, silahkan install terlebih dahulu.


Cara ini bisa juga anda gunakan tidak hanya untuk di warnet dan tempat umum tetapi di komputer anda pun bisa dilakukan agar lebih aman dan terhindar dari worm atau virus yang berulah seperti 'keylogger' yang suka mencuri data melalui keyboard.

Untuk komputer dan gadget dengan sistem operasi (operating system) lain, silahkan gunakan on screen keyboard yang tersedia. Semoga bermanfaat dan tetap waspada !

Sudah mencoba menggunakan virtual keyboard atau on screen keyboard? Silahkan biasakan atau gunakan trik hindari pencurian password di warnet menggunakan file terproteksi