Beda Browser Beda Hasil Pencarian Google SERP, Percaya?

Samakah hasil pencarian di Google menggunakan software browser yang berbeda? Jawabannya ternyata hasilnya tidak sama alias beda! Contohnya Google Chrome dan Opera. Mengapa? Sebaiknya anda lakukan survey dan buktikan, mengapa beda browser akan memberikan hasil pencarian yang berbeda?
  • Browser apakah yang anda gunakan? Google Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer, Safari?
  • Tahukah anda dalam urutan keberapa konten blog anda? 
  • Apakah yakin blog anda berada diurutan teratas halaman pertama Google?


Jika anda mengganggap setiap kali mencari kata kunci sama di google akan menghasilkan hasil pencarian yang sama bila kita menggunakan software berbeda maka sebaiknya anda uji ulang anggapan anda. Jangan sampai, "Saya kan mencarinya di google tentu hasilnya sama". No no no...

Google sendiri menggunakan parameter yang terdapat dalam URL yang anda masukan dalam pencarian termasuk identifikasi browser, OS, geo targeting, dan berbagai parameter di mana yang tahu persis adalah Google itu sendiri. 

Jika anda kurang percaya hasil pencarian Google memakai beda software browser memberikan hasil berbeda silahkan lakukan tes :
  1. Buka dengan Google Chrome dengan kata kunci "blogduit atm"
  2. Buka dengan Opera dengan kata kunci "blogduit atm"
  3. Buka dengan Firefox "blogduit atm"
Nah itulah salah satu faktor konten blog kita tidak selamanya berada dalam urutan yang sama untuk setiap browser. Mungkin di Opera artikel anda bertengger diatas, tetapi di Google Chrome bisa jadi berada diurutan terbawah.

Beberapa solusi yang bisa dilakukan adalah, hapus semua cookie meski tidak menjamin. Paling tidak hasil pencarian akan lebih fair.