Waspada Penyebaran Penyakit Via Mouse & Keyboard Warnet

Anda suka surfing di warnet? Sebaiknya harap berhati-hati dengan penularan penyakit...
Warnet memang pilihan pertama bagi mereka yang tidak memiliki akses internet di rumahnya tetapi bagi yang memiliki akses internet di rumahnya mungkin bisa jadi pilihan kedua.



mouse keyboard
Mouse & Keyboard


Warnet adalah tempat umum yang pengunjungnya beraneka ragam, baik itu pelanggan atau orang 'selewat'. Banyaknya pengunjung warnet yang bergantian setiap saatnya, menyebabkan warnet menjadi salah satu bagian dari media penyebaran penyakit. Kok bisa?

Setiap orang yang berkunjung ke warnet dan menyewa akses internet, tentu tidak akan lepas dari keyboard dan mouse. Anda tentu tahu kan, tangan mereka dan tangan anda dipakai apa sebelum ke warnet. Masih lebih baik bagi mereka yang menjaga kebersihan, lantas bagaiman jika pengunjung warnet adalah orang yang kurang memelihara kebersihan apalagi sedang sakit? Tentu, pengunjung selanjutnya akan kena getahnya.

Bila diperhatikan, warnet tergolong tempat yang efektif tempat menyebarnya penyakit sama seperti wartel. Untuk itu harap berhati-hati dan selalu jaga kebersihan. Berikut ini tips aman menggunakan warnet yang bisa anda perhatikan :
  1. Carilah warnet yang 'higienis' maksudnya suka dengan kebersihan, rapi dan nyaman dan cari komputer yang paling bersih termasuk keyboard, mouse dan tempat duduk
  2. Bila memungkinkan sebaiknya bawa keyboard dan mouse sendiri
  3. Jangan pegang daerah yang mudah terinfeksi ketika berada diwarnet, misalnya pegang hidung atau mata.
  4. Hindarai warnet yang menyediakan asbak rokok karena berarti mengijinkan pengunjung untuk mengepulkan asap rokok dan merupakan tanda-tanda warnet tersebut tidak aware terhadap kesehatan.
  5. Lumuri tangan anda dengan antiseptik misalnya alkohol pembunuh kuman sebelum dan sesudah dari warnet.
  6. Cuci tangan setelah menyewa warnet
Bila anda berani, sampaikan saran kepada pemilik warnet untuk memperhatikan kebersihan warnet.