Tips Lengkap Cara Aman Menggunakan Kartu & Mesin ATM

ATM memang sangat membantu memudahkan transaksi keuangan seperti kirim uang, tarik tunai, pembayaran tagihan dan lain-lain. Cara menggunakan ATM pun tidak susah, hanya sekali atau dua kali mencoba seseorang sudah bisa menggunakan ATM meskipun baru pertama kali mengenal mesin ATM.

Namun perlu diwaspadai, kemudahan ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk membobol uang melalui ATM. Modusnya adalah penjebakan dan pengintaian PIN ATM seseorang dan berbagai modus licik dan samar.

Cara - cara atau modus populer yang telah dikenal adalah :
  1. Memasang kamera rahasia pengintai pada tempat yang tidak disangka misalnya menempelkannya didekat keypad / pinpad atau tempat yang disamarkan seperti dibalik tempat penyimpanan brosur dan lain-lain.
  2. Memasang jebakan kartu dimana seolah-olah lubang yang ada adalah asli tempat memasukan kartu padahal jebakan.
  3. Hipnotis

Tips Aman Menggunakan Kartu ATM

Karena itu, berikut ini beberapa tips yang cukup lengkap untuk keamanan dalam penggunaan kartu ATM atau Kartu Debit pada mesin ATM.
  1. Tampakkan wajah anda sehingga CCTV menangkap wajah anda, hal ini untuk kepentingan pelacakan dan sebagai bukti bila sesuatu terjadi.
  2. Tutup keypad / pinpad menggunakan tangan saat memasukan menekan tombol PIN
  3. Jangan asal langsung memasukan kartu, pastikan anda tengok kiri kanan dan belakang, tidak usah ragu dan malu dikata-katain orang seperti orang kuper. Itu merupakan bagian dari kehati-hatian dan kewaspadaan. Pegang, raba dan perhatikan hal-hal mencurigakan tentang lubang kartu ATM serta daerah sekitar keypad / pinpad raba dengan tangan anda untuk meyakinkan bahwa tidak ada jebakan dan lubang kartu yang palsu.
  4. Pastikan mesin ATM yang anda gunakan berfungsi dengan baik dan bukan ATM bodong, tipu dan palsu yang menjebak kartu anda tenggelam didalam mesin. Tidak usah ragu hubungi dan tanyakan kepada petugas bank, apakah memang mesin ATM di daerah tersebut resmi atau tidak apalagi jika anda memiiki simpanan sangat besar di rekening bank.
  5. Pastikan anda datang ke ATM yang agak ramai atau ada orang lain seperti satpam dan petugas kemanan. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang membahayakan karena, perampokan jaman sekarang sudah nekad.
  6. Jangan terlalu berlama-lama di ATM untuk menghindari orang yang berniat jahat mencurigai anda mengambil uang yang sangat banyak.
  7. Hindari orang yang tiba-tiba sok mau menolong membantu anda menggunakan kartu ATM apalagi menanyakan PIN nya apalagi tidak dikenal.
  8. Sebelum keluar dari ATM, lihat lah orang sekitar jangan sampai ada yang membuntuti
  9. Lapor kepada petugas Bank jika ada hal yang mencurigakan
  10. Selalu siapakan alat komunikasi agar anda bisa langsung telpon atau hubungi orang terdekat anda saat terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Perhatikan juga kemanann nomor PIN ATM anda :

  1. Tidak meminjamkan dan memberitahukan PIN ATM kepada orang lain yang tidak dipercaya atau tidak dikenal termasuk petugas bank itu sendiri, cukup anda saja yang tahu dan orang yang paling dekat yang paling dipercaya.
  2. Hindari mencatat nomor PIN sembarangan bahkan bila mungkin jangan dicatat, yang penting anda ingat. Penyimpanan PIN di HP, dompet adalah sangat tidak dianjurkan dan berbahaya, bagaimana jika HP dan dompet anda hilang terus orang lain tahu nomor PIN ATM anda?
  3. Gantilah nomor PIN sekali-kali