Tips Lengkap CARA AMAN Menggunakan Internet Banking

Kejahatan yang dilakukan cracker di dunia Internet khususnya online banking memang meresahkan. Istilah cracker mungkin kurang populer dan lebih di kenal dengan istilah hacker. Padahal sama sekali berbeda antara keduanya. Cracker bersifat destruktif sedangkan hacker membuat sesuatu yang bermanfaat.

Memang rancu istilah yang beredar di masyarakat. Kejahatan di dunia maya lebih dikenal dilakukan oleh hacker padahal istilah lebih pasnya adalah cracker.

Kejahatan di dunia maya sudah bukan cerita baru, banyak akun yang dibobol menggunakan berbagai teknik 'cerdas'. Maka sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini sebagai ikhtiar atau tindakan preventif terhadap modus-modus kejahatan dunia maya (cyber crime) terutama saat melakukan internet banking.


  1. Gunakan browser yang baik dalam sistem keamanannya, memiliki mode private browsing
  2. Gunakan mode private browser untuk firefox dan opera, serta incognito window pada google chrome untuk menghindari tracking. Hal ini penting, manakala anda melakukan internet banking di tempat umum misalnya warnet dan anda lupa logout. Pada mode ini browser tidak akan menyimpan jejak anda kendatipun anda lupa logout yang penting kalau sudah selesai pastikan tutup aplikasi ini.
  3. Sebaiknya jangan melakukan internet banking di warnet. Kemungkinan ada warnet yang melakukan keyboard hook sehingga apa yang anda ketik bisa dimonitor dan ditangkap (di capture) oleh orang yang berniat jahat melalui aplikasi yang mereka jalankan tersembunyi di komputer client.
  4. Pastikan alamat URL yang digunakan berawalan dengan https:// yang menunjukan akses web server dalam layer SSL (secure socket layer) agar transmisi data terenkripsi
  5. Langsung login ke alamat yang benar dengan cara mengetik langsung misalnya http://namabank, jangan sampai anda terpancing untuk memasuki halaman login ke sebuah bank melalui link dari website tidak terpercaya
  6. Sebaiknya hapus semua history, cookie dan cache browsing anda agar script-script temporer yang mungkin akan aktif dan berbuat jahat saat anda browsing tidak ditemukan lagi sebelum anda membuka situs online banking.
  7. Sebaiknya jangan membuka halaman atau website lain sebelum dan selama anda melakukan internet banking
  8. Disarankan sebaiknya gunakan sistem operasi Linux untuk menghindari program-program jahat yang banyak berdar dan mengincar sistem operasi Windows.
contoh penggunaan HTTPS
Contoh Penggunaan URL mode SSL (https)


tips aman internet banking google chrome
Incognito Menu Pada Google Chrome

tips aman internet banking firefox
Private Browsing Menu Pada Firefox

tips aman internet banking opera
Private Browsing Menu Pada Opera

Sebagai  tambahan, hati - hati mengenai :
  1. Program pengintai atau pelacak keyboard
  2. Pengintaian oleh agen rahasia baik melalui kamera tersembunyi atau modus lain
  3. Orang yang berdiri di belakang anda
  4. Situs web yang melacak identitas anda
  5. E-mail yang mengatasnamakan petugas bank atau siapapun dan meminta password atau PIN account anda