Cara Menaikan Omset Penjualan di Bulan Puasa

Mau jualan laku dan cepat?
Bulan puasa membawa berkah, pedagang kecil dan pedagang besar mampu meraup untung besar di bulan puasa. Strateginya sederhana, memanfaatkan momen yang ada dimana orang sering berkumpul.

Berjualan Di Sekitar Masjid

Salah satu strateginya adalah dengan berjualan disekitar masjid agung pun mendatangkan omset luar biasa. Dibeberapa masjid besar bahkan memfasilitasi pedagang untuk membuat bazar penjualan produk mereka, alhasil : pedagang makanan, jajanan ta'jil, pakaian muslim, buku, herbal laris manis.

Bila diperhatikan, waktu-waktu yang paling mendobrak omset adalah mendekati dan sesudah waktu shalat. Menjelang waktu magrib penjualan makin menjadi-jadi. Terlihat jelas disini bahwa persaingan tidak berarti lagi karena pasarnya meledak luar biasa.

mizan bazar buku masjid agung

Mizan salah satu penerbit buku misalnya terlihat sering mengadakan bazar penjualan buku di area sekitar masjid dengan mendirikan tenda-tenda pameran buku. Begitupun pedagang kecil terlihat menggelar dagangan mereka di area pelataran masjid.

Nah, bahkan bagi yang minder menjual produk di sekitar masjid, mereka bisa memanfaatkan momen berkumpulnya orang - orang dengan cara membagikan brosur promo lengkap dengan alamat web dan kontak, tentunya sambil bersilaturahim. Oke kan?

Tetapi harus diperhatikan bahwa masjid adalah tempat suci yang harus dijaga ketertibannya. Maka hal - hal berikut hendaknya diperhatikan :
  1. Tidak boleh membuang sampah sembarangan
  2. Tidak boleh menggelar dagangan sembarangan apalagi masuk mesjid
  3. Diusahakan tidak boleh menjual barang dagangan selagi dilaksanakan shalat. Sebaiknya tutup dahulu, hal ini penting dan mencerminkan seorang muslim yang taat apalagi berjualan di sekitar masjid. Tolong hormati !
  4. Tidak boleh menjual barang yang melanggar, palsu, haram dan menipu.
  5. Tidak boleh berjualan menggunakan pengeras suara yang membuat gaduh apalagi memutar musik keras-keras.
  6. Sebaiknya berikan infak untuk masjid karena telah memfasilitasi tempat, atau bersedekahlah sebagai tanda syukur

Berjualan di Area Ngabuburit

Istilah ngabuburit adalah istilah orang sunda, dimana mereka biasanya berkumpul menunggu waktu berbuka tiba, misalnya di alun-alun kota menjelang sore. Tempat-tempat ini biasanya ramai dan cocok untuk berjualan atau berpromosi.

Oke, semoga menginspirasi meskipun ternyata penjualan anda meningkat sedikit, paling tidak anda dan produk anda dikenal masyarakat dengan segmentasi pasar umat muslim.