Cara Cepat Lapor Pencurian Konten / Artikel Blog Ke Google DMCA

Pasti and merasa gerah ketika artikel hasil jerih payah pemikiran anda, lelah mengetik, lelah mendisain gambar ilustrasi. Tiba - tiba ada pihak lain yang merepost artikel anda dan mengakui itu artikelnya.

Sebagaimana kita ketahui, reputasi situs kita dipertaruhkan dengan adanya duplicate content. Bisa - bisa peringkat kita anjlok drastis karena dianggap menduplikat konten orang lain. Padahal artikel kitalah yang di diambil oleh mereka.

Blog AGC :
AGC (autogenerated content) memang menjadi primadona bagi beberapa blogger yang ingin meraih ranking bagus di search engine dan mendapatkan trafik hanya dengan duduk dan tiduran saja. Tanpa perlu menulis artikel, tanpa berada didepan laptop semua dijalankan secara otomatis oleh robot. Terus sumbernya dari mana? Tentu mengambil dari artikel orang lain yang sudah eksis.

Kemalasan Blogger :
Blogger yang ingin segera mendapatakan blognya kaya dengan konten dengan harapan akan mendapatkan trafik yang besar, rangking yang bagus, tanpa mau susah-susah berfikir. Mereka terjerumus kedalam budaya copas (copy paste) tanpa etika.

Nah, mengatasi konten yang terlanjur dicuri kita bisa melaporkannya ke Google DMCA agar situs mereka di deindex dari search engine. Atau bahkan secara permanen situs mereka lenyap dari search engine. Bukan kejam, tetapi ini langkah terakhir jika mereka tidak mengindahkan peringatan yang kita buat.

Berikut ini langkah yang bisa kita tempuh sehubungan  dengan pencurian artikel  :
  1. Sebelum lapor ke Google DMCA, silahakan beri peringatan admin blog yang mencuri artikel kita
  2. Jika admin blog tidak merespon dalam waktu cepat, segera lapor ke Google DMCA  sebelum terlambat dan algoritma google akan menjatuhkan reputasi situs kita. 
  3. Kita juga bisa langsung lapor ke  Google DMCA  tanpa perlu kontak admin blog pencuri konten.

Semoga menjadi informasi bermanfaat,  dan mari kita belajar nge-blog yang beretika...