Bisnis Affiliasi di Internet Yang Halal, Apa Cirinya?

Banyak yang bertanya mengenai bisnis online, "bisnis di Internet yang halal apa?" Apakah bisnis affiliasi itu halal dan sesuai syariah?.


Mengenai bisnis halal tentunya adalah bisnis yang syar'i, sesuai ketentuan yang telah ada dalam hukum Islam atau sesuai syariah. Perlu diketahui, kajian hukum tentang bisnis halal memerlukan pakar hukum Islam yang ahli dibidangnya dan mapan tingkat keilmuannya.
Demi kehati-hatian, kita tidak bisa langsung terima begitu saja bisnis yang ditawarkan dengan label syariah khususnya bisnis yang kredibilitasnya belum jelas, masih baru dan meragukan. Bahkan sekelas bank berlabel syariah pun mesti dipertanyakan apakah pelaksanaannya benar-benar sesuai syariah atau tidak.

Hal ini bukan berarti merendahkan atau melecehkan lembaga itu, tidak...bukan !. Tetapi memang sudah seharusnya sebagai muslim berfikir kritis. Sistem boleh sesuai syariah, branding boleh mentereng dengan cap syariah, bagaimana dengan pelaksanaanya?

Mengenai bisnis affiliasi di Internet yang halal tentunya kita berpatokan pada aturan dasar saja, mungkin anda lebih tahu tentang hukum Islam apalagi bagi anda yang kuliah di Jurusan Syariah tentu lebih dalam pengetahuan mengenai hal ini.

Memang hampir kebanyakan bisnis affiliasi internet adalah bisnis produk digital, bahkan di Indonesia pun sama. Tetapi ada juga perusahaan retailer dengan sistem affiliasi seperti amazon.com yang menjual produk fisik dan berbagai produk digital. Affiliasi lokal pun ada yang menjual produk fisik.

 Nah, Mungkin beberapa ciri dasar berikut bisa jadi pertimbangan :
  1. Ada produk yang dijual
  2. Ada pihak yang menjual dengan jelas
  3. Ditentukan harganya dengan jelas
  4. Produk yang dijual adalah benar-benar bermanfaat dan bukan produk haram
  5. Produk yang dijual adalah legal (hati-hati penjualan software yang lisensinya di crack, itu ilegal)
  6. Sistem bisnis atau marketing yang digunakan adalah syar'i (menggunakan akad misalnya mudharabah, murabahah, musyarakah, istishna, salam) anda bisa ketahui lebih jauh mengenai hal ini misalnya di web site FATWA MUI
  7. Ada ijab qabul dalam transaksi jual beli
  8. Bukan money game apalagi SCAM
Semoga bermanfaat