Apa Yang Terjadi Bila Kartu ATM Terbalik Masuk di Mesin ATM?

Banyak pertanyaan, bagaimana jika kartu ATM atau kartu Debit terbalik dimasukan pada mesin ATM? apakah akan tertelan dan terjebak didalam mesin ATM?

Pertanyaan ini mungkin muncul bagi mereka yang belum pernah menggunakan ATM tetapi boleh jadi bagi yang sering pun ingin tahu apa yang terjadi bila kartu ATM terbalik masuk.




kartu ATM kartu Debit

Mesin ATM yang resmi dan masih berfungsi bekerja menggunakan alat deteksi atau sensor untuk membaca validitas kartu yang masuk ke mesin ATM. Mesin ATM akan menarik kartu ATM kartu Debit yang dikenal secara otomatis kedalam mesin ketika dimasukan secara benar.
Ketika kartu tidak dikenal (bukan kartu ATM atau kartu ATM terbalik masuk) maka mesin ATM tidak akan menarik kartu kedalam, artinya lubang kartu ATM itu tetap tertutup secara otomatis sehingga kartu tidak akan bisa masuk.


Jadi bila ada mesin ATM yang menerima kartu dalam posisi tidak benar ternyata masuk,  atau kartu ATM yang tidak disupport oleh mesin ATM ternyata masuk juga, maka anda layak curiga.

Jika mau berhati-hati dan melakukan uji coba, coba masukan kartu lain selain ATM dan ukurannya sama tapi jangan kartu penting. Apakah masuk atau tidak, jika  ternyata masuk, maka anda patut curiga bahwa mesin itu tidak benar atau bahkan jebakan atau sudah rusak. Jangan gunakan mesin ATM seperti itu...

Bila kartu ATM anda terjebak di dalam mesin ATM

Segera laporkan kepada petugas, jangan meminta bantuan kepada orang yang tidak dikenal dan mencurigakan apalagi menanyakan PIN ATM anda. Silahkan baca mengenai tips aman menggunakan mesin ATM. Selanjutnya segera hubungi petugas bank untuk memblokir atau mengamankan rekening anda sebelum saldonya dibobol orang tidak bertanggung jawab.