7 Bagian Penting Sepeda Motor Wajib Service Sebelum Mudik Lebaran

Mudik lebaran meskipun melelahkan tetapi benar-benar merupakan momen yang sangat mengesankan. Namun demi keamanan dan kenyamanan perlu diperhatikan tips-tips aman jika ingin mudik menggunakan sepeda motor. Terutama perhatikan kondisi sepeda motor itu sendiri. Selain itu harap perhatikan kiat - kiat penting saat berkendara di jalan super macet.

Dari hasil pengalaman yang lalu-lalu, setiap kali mudik menggunakan sepeda motor, maka ada 7 hal penting yang mendasar yang sebaiknya harus dilakukan service atau pengecekan terhadap kondisi sepeda motor :


  1. Oli, oli sangat penting untuk di perhatikan karena oli merupakan komponen pelumas mesin. Bila oli sudah rusak kemudian dipakai untuk jarak jauh, kemungkinan mesin akan aus dan berbahaya baik untuk kopling dan komponen lain. Parahnya lagi yang berbahaya adalah mesin motor bisa macet misalnya di piston. Karena itu sebaiknya oli mesin gunakan yang baru.
  2. Ban, ban adalah titik tumpu dimana kendaraan melaju diatasnya. Kondisi ban yang buruk bisa  membahayakan. Misalnya, ban luar sudah gundul atau ban dalam yang sudah terlalu banyak tambal karena sering bocor. Untuk itu sebaiknya gunakan ban luar yang masih bagus dan ban dalam yang baru.
  3. Kampas Rem & Tali Rem, rem adalah bagian pengendali terpenting agar laju kendaraan dapat dikendalikan. Tanpa rem yang baik, kemungkinan terjadi kecelakaan sangat tinggi. Untuk itu perhatikan kampas rem dan tali rem, atau bagi yang menggunakan rem cakram, service lah rem cakram anda ke deler resmi.
  4. Lampu, lampu adalah alat penerang saat gelap selain itu siang hari pun dipersyaratkan untuk dinyalakan sebagai bagian dari aturan lalu lintas. Karena gantilah bila lampu sudah mati dan bawalah lampu cadangan untuk menjaga sewaktu-waktu lampu mati.
  5. Rantai/belt, rantai atau belt adalah kunci utama yang menghubungkan mesin dengan roda untuk menggerakan sepeda motor anda. Sebaiknya periksa ulang kelayakan rantai atau belt (pada skuter). Jangan sampai putus di tengah jalan.
  6. Busi, busi tergolong komponen vital. Tanpa busi, motor tidak bisa dinyalakan karena busi merupakan pencetus api untuk membakar bahan bakar. Sebaiknya periksa kelayakan busi dan belilah busi baru sebagai cadangan bila diperjalanan busi mati.
  7. Karburator & Tali Gas, tali gas tergolong vital, putusnya tali gas diperjalanan bisa membuat repot atau justru tali gas yang macet macet bisa berbahaya karena putaran mesin tidak bisa dikendalikan. Untuk itu periksa tali gas apakah masih layak atau tidak, penarikan gas macet dan kurang lancar bisa jadi tanda-tanda kawat tali gas sudah berkarat. Sebaiknya ganti dengan yang baru. Sedangkan kebersihan karburator sangat diperlukan untuk kelancaran transmisi bahan bakar.