5 Kriteria SDM Operator Untuk Bisnis Warnet Sukses

Keberhasilan usaha warnet tidak serta merta berdasarkan lengkapnya fasilitas yang serba wah dan keren. Tanpa adanya pengelola dalam hal ini operator yang bisa diandalkan, semua bisa jadi percuma. Untuk bisnis yang professional, siapapun perlu orang yang professional.





Sudah bukan rahasia lagi, didalam bisnis apapun baik yang besar maupun bisnis kecil, SDM yang berkualitas adalah aset yang sangat berharga. Seberapapun omset perusahaan jika pegawainya curang, tetap saja bisa merugi dan boleh jadi sedang menuju kebangkrutan.

Sudah banyak bukti bahwa kecurangan pegawai bisa membawa dampak yang hebat bagi kredibilitas sebuah perusahaan. Mengapa? salah satunya adalah hilangnya kepercayaan karena dimaknai sebagai perusahaan yang tidak bisa memberikan pendidikan yang layak untuk karyawan serta di cap sebagai perusahaan dengan manajemen yang buruk.

Nah untuk mengantisipasi kegagalan dalam bisnis warnet maka SDM untuk operator ini perlu diperhatikan. Berikut ini kriteria yang harus dimiliki SDM (sumber daya manusia) operator warnet yang sangat menunjang keberhasilan :
  1. Sikap (ramah, komunikatif, tanggap, punya keinginan untuk belajar)
  2. Skill (mengerti dunia komputer baik hardware atau software, masalah jaringan)
  3. Sifat (jujur, amanah, terbuka)
  4. Religius, orang yang religius dalam hal ini paham, taat dan suka mengamalkan agama cenderung jujur dan bisa dipercaya, jauh dari perbuatan yang kurang baik, disiplin serta tidak menyukai kecurangan.
  5. Berjiwa maju, mau ikut serta mengembangkan usaha. Orang yang seperti ini sangat diperlukan dan mereka layak diberikan perolehan berupa bagi hasil.