5 Aspek Keamanan Paling Penting Dalam Bisnis Warnet Sukses

Bisnis warnet yang sukses tidak bisa asal - asalan, semua perlu perencanaan yang matang dan strategi yang baik. Salah satu faktor penting dalam membangun bisnis warnet sukses adalah keamanan. Apa saja?


5 Keamanan Warnet Yang Harus Diperhatikan

Cara yang paling mudah adalah memandang dari  sudut pandang pengunjung. Maka pada dasarnya inilah faktor keamanan yang diperlukan oleh pengunjung warnet :
  1. Kemanan tempat. Tempat sebisa mungkin harus aman dari berbagai gangguan seperti premanisme, pemerasan, pengamen liar dan lain-lain.
  2. Kemanan akan barang-barang titipan seperti : helm, sandal, parkir motor, mobil
  3. Keamanan dalam mengakses internet seperti : bebas worm, bebas virus, bebas spy, pengintaian dan berbagai hal yang merugikan hak pengunjung
  4. Keamanan dalam sistem kelistrikan dan cabling. Banyak sekali warnet yang meletakan kabel power dan jaringan sembarangan sudah seperti benang kusut padahal itu sangat berbahaya karena itu cabling yang benar saat installasi perlu diperhitungkan. Bagaiman jika terjadi musibah kena setrum, siapa yang akan rugi?. Bahkan ada yang tidak menggroundingkan body CPU padahal CPU yang tidak digroundingkan menyebabkan listrik menjalar pada body yang kadang menyengat saat memasukan flashdisk atau menyentuh body / casing CPU.
  5. Kemanan data. Adakalanya pengunjung meminta jasa CD burning, copy move data / backup, printing dimana data mereka diakses di operator. Maka harus dipastikan tidak ada penyadapan data oleh operator atau siapapun.