13 Alasan Pengunjung Menyukai Warnet Anda

Berhasil atau gagalnya usaha warnet  sama seperti berhasil dan gagalnya bisnis pelayanan lain dimana harus mengutamakan service. Dari survey yang pernah dilakukan, banyak pelayanan warnet yang tidak welcome alias kurang ramah. Malah ditemukan operator cuek dan acuh padahal keramahan sebagai operator itu penting. Itulah salah satu contoh alasan orang suka dan benci warnet anda.





Jika boleh di jelaskan, berikut ini alasan mendasar mengapa orang suka atau benci berkunjung ke warnet anda :
  1. Tempat yang bersih disukai banyak orang, maka tempat yang kotor sangat dibenci pengunjung warnet. Debu, sampah adalah pengganggu kenyamanan.
  2. Tempat yang bersih dari asap rokok disukai kebanyakan orang, maka tempat yang penuh dengan asap rokok sangat dibenci pengunjung warnet. Boleh disurvey !
  3. Orang menyukai akses ke flasdisk, CD ROM langsung dari komputer yang dia pakai, maka orang benci dengan warnet yang hanya menyediakan akses terhadap flashdisk harus melalui server. Bagaiamana bila data mereka bersifat privat, rahasia dan penting? Masih untung jika operator adalah orang yang bisa dipercaya. Bila tidak, penyadapan data akan sangat mungkin terjadi dan pengunjung merasa tidak nyaman membuka file mereka di server.
  4. Orang menyukai komputer yang cepat dengan tampilan yang nyaman, maka komputer yang lambat sangat dibenci oleh pengunjung warnet manapun. Boleh disurvey!
  5. Orang menyukai keyboard dan mouse berfungsi normal, maka orang sangat benci warnet dengan mouse dan keyboard yang tidak terawat dan kurang berfungsi. Banyak yang mengabaikan hal kecil ini padahal mouse dan keyboard harganya tak seberapa.
  6. Orang menyukai keyboard dan mouse yang bersih, maka orang sangat benci warnet dengan keyboard dan mouse kotor. Tahukah anda bahwa mouse dan keyboard warnet bisa jadi sarang kuman karena dipakai banyak orang. Maka rawatlah keyboard dan mouse anda.
  7. Orang menyukai akses terhadap fungsi penting di komputer seperti task manager, run, keyboard shortcut. Maka orang benci dengan warnet yang komputernya membatasi akses penting tersebut. Mungkin pemilik warnet bermaksud untuk keamanan tetapi justru jadi bumerang terhadap kenyamanan.
  8. Orang menyukai situasi yang nyaman saat browsing, maka warnet yang berisik sangat dibenci pengunjung. Boleh di survey!. Adakalanya, warnet bising dengan musik, operator warnet memutar musik yang kencang padahal belum tentu semua orang suka. Sebaiknya musik diputar slow dan membuat tenang. Terlebih lagi, ruangan yang berisik bisa beresiko jika sesuatu hal terjadi dan tidak terdengar karena kebisingan.
  9. Orang menyukai warnet yang ada toiletnya apalagi bersih, maka orang bisa jadi benci terhadap warnet yang tidak memfasilitasi tempatnya dengan toilet.
  10. Orang menyukai warnet yang parkirnya tidak ditarif, maka warnet yang parkirnya harus bayar cenderung di jauhi. Boleh disurvey! 
  11. Orang menyukai warnet yang bebas virus, maka warnet yang tidak rutin dimaintenance dari gangguan virus sangat dibenci pengunjung. Dalam hal ini, warnet yang menggunakan sistem operasi Linux bisa unjuk gigi karena mereka kebal virus.
  12. Orang menyukai warnet yang ada printer dan scannernya, maka terkadang pengunjung menjauhi warnet yang tidak lengkap.
  13. Orang menyukai pelayan warnet yang ramah dan komunikatif, maka sudah pasti orang akan membenci warnet dengan operator yang jutek, cuek dan tidak tanggap apalagi  tidak ahli dalam mengatasi masalah di warnet seperti trouble shooting computer, jaringan dan sebagainya.
Nah itulah hal yang perlu dipertimbangkan untuk memboost, mengoptimasi, meledakkan kesuksesan bisnis warnet anda. Semoga bermanfaat.