Cara Mendapatkan Uang Dari Royalti Menulis Buku

Cara cari uang memang banyak jalannya, bisa berbisnis, bekerja kantoran, berkebun atau apapun itu yang penting halal. Nah, bagi yang hobi menulis, ini bisa jadi jalan untuk mendapatkan uang dengan cara menerbitkan buku.


Menerbitkan buku memang gampang-gampang susah, harus melalui beberapa tahapan. Tetapi dengan seringnya menulis bahkan jika sudah menjadi hobi, maka menulis buku bukanlah hal susah. Yang paling penting adalah tentang apa yang anda tulis.

Dikenal dua jenis buku yaitu buku fiksi dan non fiksi anda tinggal pilih saja minat anda dimana, anda bisa menulis novel, menulis buku motivasi dan inspirasi, tutorial, sains dan sebagainya.

Berapa pembayaran uang royalti buku?

Jika suatu saat anda berhasil menerbitkan buku, maka anda berhak mendapatkan royalti dari penjualan buku anda. Berapa besarnya royalti? Umumnya sebesar 10% dari harga jual buku.
Jadi jika buku anda terjual best seller 1 juta eksemplar misalnya dengan harga 50 ribu, maka anda berhak mendapatkan uang royalti sebesar 1 juta x 50 ribu x 10% = 5 miliar Rupiah. Lumayan kan? nyaris tanpa modal bukan?

Kapan royalti penulisan buku dibayar?

Biasanya perusahaan penerbit akan membayar tiap 6 bulan sekali atau tergantung kesepakatan perusahaan itu sendiri.

Bagaimana tahapan menerbitkan buku?

Kalau urusan ini berbeda-beda tergantung penerbit, tetapi pada umumnya akan mengikuti langkah berikut :
  1. Tulis buku anda dalam ukuran A4 atau yang ditentukan penerbit
  2. Kirim ke redaksi penerbit biasanya dalam bentuk hard copy bukan soft copy.
  3. Tunggu respon dari redaksi penerbit tentang kelayakan, revisi buku anda dan sebagainya. Bila buku anda dianggap layak terbit, maka penerbit akan mengontak anda untuk tindak lanjut.
Bagaimana berminat menulis buku? Coba saja ... !